Senin, 04 Agustus 2014

Contoh RPP kurikulum 2013 saat ujian MicroTeaching :) bab Peluang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Kelas/Semester          : VII (Tujuh)/2 (Dua)
Mata Pelajaran          : Matematika
Materi Pokok             : Ruang Sampel dan Titik Sampel (Bab Peluang)
Alokasi Waktu           : 1 X 25 menit

       I.            Standar Kompetensi
a.       Menentukan ruang dan titik sampel.
    II.            Kompetensi Dasar
a.       Mengklasifikasikan ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan;
b.      Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan atau kejadian.
 III.            Indikator Kompetensi
a.         Mengenal pengertian ruang sampel dan titik sampel;
b.         Menentukan ruang sample suatu percobaan (menggunakan uang logam dan dadu) dengan mendata titik-titik sampelnya.
 IV.            Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengetahui pengertian ruang sampel dan titik sampel serta hal-hal yang bisa dikaitkan dengan konsep peluang (kemungkinan);
2.      Siswa dapat mengklasifikasikan ruang dan titik sampel dari suatu percobaan;
3.      Siswa dapat menentukan ruang dan titik sampel serta kejadian yang mungkin dari persoalan.
    V.            Karakter Yang Diharapkan
Setelah mengikuti Pembelajaran dengan bahan ajar ini, siswa diharapkan memiliki kemampuan dalam hal :
1.      Memberikan batasan tentang ruang sampel, titik sampel dalam suatu percobaan;
2.      Terlatih bersikap aktif dan berpikir kreatif.
 VI.            Materi Ajar
A.       Ruang Sampel dan Titik Sampel
1.    Ruang Sampel Kejadian Tunggal
Pada pengetosan sebuah uang logam, terdapat dua kemungkinan permukaan yang akan nampak (muncul), yaitu muncul permukaan angka (A) atau gambar (G).
Himpunan semua kejadian yang mungkin terjadi, yaitu {A,G}, disebut ruang sampel yang biasanya dinyatakan dengan S. Jadi ruang sampel pada pengetosan sebuah uang logam adalah S={A,G}, dan setiap anggota dari ruang sampel tersebut yaitu A dan G disebut titik sampel.
Gambar 1. Ruang Sampel
Dengan dengan demikian, pada pengetosan sebuah dadu, karena seluruh hasil yang mungkin muncul adalah mata 1, 2, 3, 4, 5, 6, maka ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}.
Gambar 2 . Ruang Sampel
Jadi yang dimaksud dengan Ruang Sampel dari suatu percobaan adalah himpunan semua hasil yang mungkin terjadi. Dan Anggota setiap anggota dari ruang sampel disebut titik sampel.
2.    Ruang Sampel Kejadian Majemuk
Dalam beberapa percobaan pada kejadian majemuk, ruang sampel dapat ditentukan dengan menggunakan diagram pohon maupun tabel, dan anggota-anggota ruang sampel dapat didaftar secara mudah dan teratur.
a.    Pengetosan Dua Uang Logam
Ruang sampel hasil pengetosan dua uang logam dapat ditentukan dengan diagram pohon atau dengan tabel.
                  Diagram ruang sampel                                             Tabel. 1
Pada diagram pohon diatas dan tabel, kita bisa melihat pada koin pertama muncul angka, maka pada uang kedua akan muncul angka lagi atau gambar.  Jadi titik sampelnya adalah (A, A) dan (A, G). Jika pada uang pertama muncul gambar, maka pada uang kedua akan muncul angka atau gambar lagi. Jadi titik sampelnya adalah (G, A) dan (G, G).
Dengan demikian, ruang sampel pada pengetosan dua uang logam sekaligus (bersama-sama) adalah S = {(A, A), (A, G), (G, A), (G, G)}.
Coba kita perhatikan, pada pengetosan sebuah uang logam memperoleh 2 titik sampel, dan pada pengetosan dua uang logam memperoleh 2 x 2 = 4 titik sampel.
b.      Pengetosan Dua Dadu
Ruang Sampel dari pengetosan dua dadu dapat ditentukan dengan cara yang mudah jika menggunakan tabel.

Tabel. 2
Gambar 3. 2 dadu
Tabel diatas menunjukkan ruang sampel hasil pengetosan dua dadu yang dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan, dengan elemen (anggota) pertama merupakan mata dadu pertama yang muncul, dan elemen kedua merupakan mata dadu kedua yang muncul. Jadi, titik sampel (2,1) berarti pada dadu pertama muncul mata 2 dan pada dadu kedua muncul mata 1.
Dari tabel tersebut, diperoleh bahwa banyak titik sampel adalah 36. Jadi, jika pada pengetosan sebuah dadu terdapat 6 titik sampel. Maka pada pengetosan dua dadu dihasilkan 6 x 6 = 36 titik sampel.
c.       Pengetosan Uang Logam Dan Dadu
Gambar 4. Dadu dan uang logam
Tabel. 3

1
2
3
4
5
6
A
(A, 1)
(A, 1)
(A, 1)
(A, 1)
(A, 1)
(A, 1)
G
(G, 1)
(G, 1)
(G, 1)
(G, 1)
(G, 1)
(G, 1)

Perhatikan tabel diatas!
Pada tabel diatas terlihat bahwa pada pengetosan uang logam dan dadu diperoleh ruang sampel S = {(A, 1), (A, 2), (A, 3), (A, 4), (A, 5), (A, 6), (G, 1), (G, 2),      (G, 3), (G, 4), (G, 5), (G, 6)}.
Jadi, jika pada pengetosan sebuah uang logam diperoleh 2 titik sampel, dan pada pengetosan sebuah dadu diperoleh 6 titik sampel, maka pada pengetosan sebuah mata uang dan sebuah mata dadu secara bersamaan akan diperoleh 2 x 6 = 12 titik sampel.
VII.            Metode Pembelajaran
-          Metode : Kooperatif Tipe TAI (ceramah, diskusi, dan Presentasi)
VIII.            Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
*      Sarana / perangkat
a.       Whiteboard
b.      Spidol
c.       Koin/uang logam dan dadu


*      Sumber Pembelajaran
Adinawan, M. Cholik dan Sugijono. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII semester 2. Jakarta: Erlangga 2013. Halaman 167-169
 IX.            Kegiatan Pembelajaran / Skenario pembelajaran
TAHAP
LANGKAH PEMBELAJARAN
WAKTU
Guru
Siswa
PENDAHULUAN
1.   Pengelaolaan Kelas
-          Membaca Doa sebelum belajar dan Melakukan absensi


-          Meminta siswa membuka buku bab  peluang dann pembahasan Ruang Sampel dan titik Sampel

-     Membaca doa dan Mendengarkan guru
-     Membuka buku materi peluang bagian ruang Sampel dan Titik Sampel (hal. 167-169)
3 menit
2.   Apersepsi
Mengingat materi sekilas tentang konsep dasar himpunan.
-     Mendengarkan guru
3 menit
KEGIATAN INTI
A.        Eksplorasi
1.    Sosialisasi kompetensi dasar,tujuan dan indikator
2.    Menyampaikan pokok-pokok ruang sampel dan titik sampel
a.    Ruang sampel kejadian tunggal
Disini guru menerangkan melalui teori  dan melalui percobaan atau eksperimen dengan menggunakan uang logam dan dadu .
b.   Ruang Sampel kejadian majemuk
I.     Pengetosan dua uang logam atau koin;
Menerangkan dengan melakukan eksperiman atau pengetosan menggunakan 2 buah uang logam atau koin dan menyajikannya dalam bentuk tabel dan diagram pohon. Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Downloads\koin.jpgDescription: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Downloads\diagram.jpg
II.  Pengetosan dua buah dadu;
Seperti halnya menjelaskan pengetosan dengan 2 buah koin atau uang logam untuk konsep pengetosan dua buah dadu sama kita melakukan eksperimen dan menyajikan dalam bentuk tabel saja untuk mempermudah pengerjaan seperti tabel dibawah.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Downloads\tabel.jpg
III.   Pengetosan dadu dan uang logam atau koin.
Disini guru melakukan cara berbeda yakni melakukan eksperimen dengan menggunakan 2 alat yang berbeda yakni menggunakan koin atau uang logam dan dadu.
Menjelaskan kembali atau menyimpulkan  konsep yang didapat dari percobaan atau eksperimen yang di lakukan untuk menyampaikan materi pada bahan ajar.



-     Mendengarkan guru, melakukan percobaan atau eksperimen
-     Memperhatikan serta membaca dan membandingkan dengan materi yang ada di buku seumber hal. 167-169
15    menit
B.       Elaborasi
-       Mengatur kelompok siswa


-          Membagikan LAS kepada setiap siswa dan menjelaskan cara mengerjakan LAS.

-          Membimbing dan memotivasi siswa belajar dengan LAS
-          Membimbing siswa untuk mendiskusikan jawaban mereka dalam kelompok.
-          Memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk menjelaskan jawabannya di depan kelas
-          Memberikan penilaian terhadap jawaban siswa dari masing-masing kelompok.

-     Semua siswa duduk sesuai dengan kelompok
-     Siswa mengerjakan LAS secara individu.
-     Siswa berdiskusi dalam kelompok.
-     Mendengarkan penjelasan guru

-     Siswa menjelaskan jawabannya di depan kelas
10    menit
C.    Konfirmasi
-       Guru menjelaskan atau memberikan penjelasan terhadap hasil kerja siswa maupun hasil eksperimen siswa;
-       Memberikan penguatan serta umpan balik positif  dalam bentuk lisan maupun hal yang dapat memotivasi siswa.

-     Mendengarkan guru dan mengajukan pertanyaan terhadap materi yang tidak dimengerti siswa.
2 menit
PENUTUP
D.    Pemberian Tugas
Memberi tugas/PR yang harus dikerjakan oleh siswa di rumah yaitu soal pada buku siswa yang berkenaan dengan bab peluang materi ruang sampel dan titik sampel, hal  171-172 no 3, 7, dan 11. Dan mengamati hal-hal yang berhubungan dengan peluang.
Mendengarkan penjelasan guru
2 menit

    X.            Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.      Siswa dapat mengetahui pengertian ruang sampel dan titik sampel.
Tes Lisan

2.      Siswa dapat mengklasifikasikan ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan.
Tes Tulis
Soal Essay / Tulisan
3.      Siswa dapat menentukan ruang dan titik sampel serta kejadian yang mungkin dari persoalan.
Tes Tulis
Soal Essay / Tulisan

Instrumen / Soal
No
Indikator
Soal
Kunci jawaban
1
Siswa dapat mengklasifikasikan ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan
Dalam sebuah kantong berwarna hitam gelap terdapat didalamnya bola berwarna merah, biru, putih, dan coklat. Jejen mengambil dua buah bola satu demi satu dalam kantong tersebut tanpa melihat. Setelah diambil satu bola, bola tersebut jejen kembalikan lagi kedalam kantong. Tentukan :
a.       Ruang sampelnya !
b.      Banyak titik sampelnya !
Jawab:
a.       Ruang sampel dari percobaan diatas akan lebih mudah ditentukan dengan menggunakan tabel.
Kita misalkan untuk :
Merah dengan simbol M
Biru dengan simbol B
Putih dengan simbol P
Coklat dengan simbol C



M
B
P
C
M
(M, M)
(M, B)
(M, P)
(M, C)
B
(B, M)
(B, B)
(B, P)
(B, C)
P
(P, M)
(P, B)
(P, P)
(P, C)
C
(C, M)
(C, B)
(C, P)
(C, C)

b.      Jadi, banyak titik sampel pada percobaan tersebut adalah 4 x 4 = 16 titik sampel
2
Siswa dapat menentukan ruang dan titik sampel serta kejadian yang mungkin dari persoalan atau percobaan.
Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\as-poker-apakabardunia.jpg2. Seperangkat kartu bridge dikocok, kemudian diambil sebuah kartu secara acak atau random. Tentukan titik sampel kejadian berikut!
a.       Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\kartu remi.pngTerambil kartu queen (         ).

b.      Terambil kartu bernomor berkelipatan 3.


Penyelesaian:
Diketahui bahwasanya seperangkat kartu bridge itu terdiri dari empat jenis kartu bergambar ♥, ♦, ♠, dan ♣.
Kartu Hati/Jantung (Merah)
Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\kartu remi.png
Kartu Diamond/Wajik (Merah)
Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\kartu remi.png


Kartu Waru/sekop(Hitam)
Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\kartu remi.png
Kartu Daun/Keriting (Hitam)
Description: Description: Description: C:\Users\Dell\Pictures\kartu remi.png
Maka :
a.       Titik sampel terambil kartu queen adalah ....
Q hati, Q wajik, Q waru, atau Q daun
b.      Titik sampel terambil kartu bernomor kelipatan 3 adalah
(3 Hati, 3 wajik, 3 waru, 3 daun, 6 hati, 6 wajik, 6 waru, 6 daun, 9 hati, 9 wajik, 9 waru, 9 daun)

Lampiran-lampiran:
-          Lembar Kerja Siswa (LAS)  


Bandung, ______________20____
Kepala Sekolah



Dra. Nunung Sobarningsih, M.Pd
NIP.
Guru Bidang Studi



Iwan Ahmad Misbahudin, S.Pd
 NIP.

8 komentar:

  1. bagi yang mau file aslinya silahkan commentd saja soalnya filenya besar :) terimakasih

    BalasHapus
  2. minta file aslinya dong kang.
    k email sya :s.m.abdulrohim96@gmai.com

    BalasHapus
  3. boleh minta file aslinya gak ? kalau boleh terimakasih sekali
    tabriizrosyaadah@gmail.com

    BalasHapus
  4. boleh minta file aslinya tidak? jika boleh kirim ke triyassetyonurfani01@gmail.com

    BalasHapus
  5. boleh minta file aslinya.. rintaoktaviani@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  6. minta file aslinya dong kartikaamelia189@gmail.com

    BalasHapus