KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas
di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman
tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi
bilangan bulat
2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud
implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur
dalam menggambar segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis
sumbunya menggunakan penggaris, jangka, dan busur
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta
menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan
memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2 Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan,
operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
3.3 Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan pertaksamaan linear satu
variabel
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan
dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi (kesimpulan)
3.6 Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
menentukan keliling dan luas
3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Kartesius
3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak
beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan,
rotasi) menggunakan objek-objek geometri
3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11 Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel,
grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika
sosial sederhana
4.2 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
4.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata
dengan menggunakan tabel dan grafik
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan grafik
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi,
pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat
persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan
layang-layang
4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil
pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah
nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik
|
herlinatuti.blogspot.com/2014/08/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar_3.html (sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar