RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : SMP Negeri 37 OKU
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mengidentifikasi bangun
– bangun datar yang sebangun dan
kongruen.
ALOKASI WAKTU : 2 jam pelajaran
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2. Peserta didik dapat
mendiskusikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran
: Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran
: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk
memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Meminta Peserta didik untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
- materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
@ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber lain yang relevan
F. Penilaian Hasil
Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Bangun-bangun manakah yang sebangun dan manakah yang
kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 37 OKU
Dra. ANNI ASTUTI
NIP. 196302081983022002
|
|
Mekarjaya, 26 juli 2011
Guru Mapel Matematika.
JON ERWIN, S.Pd, M.Pd NIP.197506031999031007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar