RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
GERAKAN
PRAMUKA GUDEP 15.029-030
SMP NEGERI 1 BRAJA SELEBAH LAMPUNG TIMUR
Gugus depan
: 15.029-030
Golongan : PENGGALANG
Tingkat
: RAMU
Tema/Materi : Lambang Gerakan
Pramuka
Waktu
: 2 x 35
menit
Standar
Kompetensi
Memahami lambang gerakan pramuka
Kompetensi
Dasar
Mengetahui Lambang Gerakan
Pramuka
Indikator
Mampu menjelaskan arti lambang gerakan pramuka
Mampu menyebutkan bentuk lambang gerakan pramuka
Mampu menyebutkan nama pencipta lambang gerakan pramuka
Mampu menjelaskan arti lambang gerakan pramuka
Mampu menyebutkan bentuk lambang gerakan pramuka
Mampu menyebutkan nama pencipta lambang gerakan pramuka
Materi
Standar
1.
Sejarah singkat lambang
gerakan pramuka
2.
Bentuk dan arti Kiasan lambang
gerakan Pramuka
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
Kegiatan
Pembelajaran
A. Pendahuluan
-
Menciptakan lingkungan :
o
Berdo’a
o
Membuka dengan salam
o
Menggunakan salam pramuka : “Salam
Pramuka”
o
Menggunakan tepuk pramuka : “Dua
Kali Tepuk Pramuka”
o
Menanyakan kabar
-
Mengabsen
kehadiran siswa dan mengisi daftar hadir Pembina.
-
Pretes :
peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari Pembina tentang lambang gerakan pramuka.
-
Menghubungkan
pengetahuan yang telah dimiliki
peserta didik dengan bahan atau kompetensi baru.
B.Kegiatan Inti
Pemberian Materi Pramuka :
-
Pembina memberikan materi tentang Lambang Gerakan Pramuka.
-
Pembina menerangkan
materi pembelajaran tentang Lambang Gerakan
Pramuka .
-
Mengadakan tanya jawab dengan
peserta didik.
Permainan Pramuka :
Peserta didik diberikan permainan yang bersifat menghibur, menantang dan bernilai pendidikan
Misalkan permainan untuk melatih kecepatan berfikir/ reflek peserta didik :
Permainan Udara, Darat, Laut.
Peserta didik diberikan permainan yang bersifat menghibur, menantang dan bernilai pendidikan
Misalkan permainan untuk melatih kecepatan berfikir/ reflek peserta didik :
Permainan Udara, Darat, Laut.
Kegiatan Lain :
-
Kegiatan yang sekiranya perlu dapat ditambahkan sesuai dengan kreatifitas
pembina agar kegiatan pembelajaran lebih menyenagkan.
C. Kegiatan Akhir
- Post tes : Tes lisan yaitu memberikan pertanyaan tentang lambang gerakan pramuka dan
membandingkan dengan prites pada pembukaan pembelajaran
membandingkan dengan prites pada pembukaan pembelajaran
-
Menyanyikan lagu SYUKUR
- Mengakhiri dengan Salam biasa
- Salam Pramuka
Sumber
Belajar
Sumber belajar yang digunakan dalam
pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
- SKU golongan Penggalan
- Buku Materi Pramuka
- Sember lain
-
Penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian
proses, Tes Lisan dan Portofolio :
- Penilaian proses dilakukan saat latihan berlangsung
- Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
- Portofolio mencakup seluruh hasil karya dari peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar