Selasa, 16 September 2014

SILABUS EKSKUL PRAJA MUDA KARANA (PRAMUKA)


PENGGALANG GUDEP 17.029 - 17.030 INDRAGIRI HILIR
SK/KD PRAMUKA PENGGALANG
GUDEP INDRAGIRI HILIR 17.029 – 17.030
SDS 014 MERANTI


GUDEP                                : 17.029-17.030
Pangkalan                           : SDS 014 MERANTI
Tingkat                                : Penggalang ( Ramu/Rakit/Terap )

No.

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
Taat beribadah sesuai agama dan kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa ada-nya diskriminasi.
Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan
2
Dapat mengelola emosi dan perasaannyauntuk kestabilan dirinya
Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi.
3

Dapat mengelola emosi

Mengenal dan menerima emosi
4
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya.

Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab.
5
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplikasikan iptek, dan keterampilan kepramukaan secara kreatif dan inovatif.
Memahami pentingnya perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan
6
Mampu menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan.
Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya serta mengetahui perubahan yang terjadi pada perkembangan fisikmaupun psikisnya
                                                              
Meranti,            Januari 2014
                Mengetahui ;
Kamabigus GUDEP 17.029/17.030
SDS 014 MERANTI

SRI HARTATI,S.P


 Pembina

ZAINUDIN,S.Pd.SD


KURIKULUM PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014/SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL
GUDEP                                : 17.029-17.030
Pangkalan                           : SDS 014 MERANTI
Tingkat / Kelas                  : Penggalang Terap  / VII


No.
Materi Kegiatan
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya.
Taat beribadah sesuai agama dan Kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi.
Meningkatkan keimanannya dan
berperan aktif dalam kegiatan keagamaannya serta menerima adanya perbedaan keyakinan.
2
Dapat melaksanakan dan memimpin diskusi regu
Dapat mengelola emosi dan
Perasaannya untuk kestabilan dirinya
dapat mengendalikan emosi dan menghargai perasaaan orang lain
3
Dapat menyebutkan ciri-ciri
mengendalikan Emosi diri
Dapat mengelola emosi
Mengenal dan menerima emosi
4
Melakukan kegiatan penghijauan dilingkungannya atau didaerah lainnya serta telah menanam dan merawat tanaman penghijauan
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkungannya.
Melaksanakan normanorma dan nilai-nilai, yang berada dimasyarakat lingkungannya.
5
Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplika sikan iptek, dan keterampilan kepramuka an secara kreatif
dan inovatif.
Dapat menjelaskan perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan, serta memanfaatkannya.
6
memelihara kesehatan dan kebersihan diri dilingkungannya

Melakukan kegiatan memelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur dengan baik.
Melakukan kegiatanmemelihara pertumbuhan dan
perkembangan tubuh (fisik dan psikis),menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur dengan baik.
       

 
 

Meranti,            Januari 2014
                Mengetahui ;
Kamabigus GUDEP 17.029/17.030
SDS 014 MERANTI


RI HARTATI,S.P


 Pembina


ZAINUDIN,S.Pd.SD
SILABUS PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014 /SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL

Unit Satuan                        : SDS 014 MERANTI
Gudep No.                          : 17.029 – 17.030
Tingkat/Kelas                    : Pengggalang Ramu / V


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Standar
Kegiatan Belajar (KBM)
Standar Penilaian
Alokasi Waktu
Alat/bahan & sumber belajar
  1. Taat beribadah sesuai agama dan kepercaya-annya dan mampu hi-dup rukun dalam keberagaman tanpa ada-nya diskriminasi.
  1. Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan
  • Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya menjalankan ibadah di rumah
Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah

Penilaian Proses dan Hasil
35 Menit
Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Tahu sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama


Penilian Proses dan hasil
35 Menit
Buku Boy MAn


  • Menyebutkan Hari libur Nasional ke-agamaan di Indonesia, sesuai golongan Agamanya
Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari  hari besar agaman


35 Menit
Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia
Dapat menyebutkan agama-agama yang
ada di Indonesia serta nama tempat
ibadahnya.


35 Menit
Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat melakukan sholat berjamaah;
Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat darigolongan agamanya masing-2



Panduan SKU, Buku Boy Man


  • Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat – surat pendek.


Penilaian Praktek dan Hasil

Panduan SKU, Buku Boy MAn
  1. Dapat mengelola emosi dan perasaannya untuk kestabilan dirinya
  1. Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi.
  • Dapat menjelaskan macammacam Emosi di depan Regunya
Dapat menjelaskan tentang Emosi

Penilaian Proses dan Hasil

Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya




Panduan SKU,

  1. Mengenal dan menerima emosi
  • Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu


Penilaian Proses dan Hasil

Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan Penggalang




Panduan SKU, Buku Boy MAn
  1. Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkungannya.
  1. Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab.
  • Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan
Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan
Bertanya Jawab dan Merangkum
Penilaian Proses dan hasil

Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan




Panduan SKU,


  • Telah mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak
Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak.



Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugusdepannya atau kwartir
Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan



Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Membuat laporan mengikuti Perkemahan




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyebutkan tandatanda pengenal umum dalam Gerakan Pramuka
Dapat menyebutkan tanda- tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya



Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel
Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya.




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyebutkan tokoh masyarakat ditempat tinggalnya




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas
Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka
Penggalang







  • Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya


Penilaian Proses

Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik Kertas



Penilian Proses

Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menunjukkan presensi kehadiran selama 8 kali berturut-turut
Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurangkurangnya 8 kali latihan berturut turut



Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka
Tahu tentang :
a. Salam Pramuka
b. Motto
c. arti Lambang Gerakan Pramuka.



Panduan Penyelesaian SKU dan Boy Men


  • Dapat menyebutkan Motto Gerakan Pramuka




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Dapat menggambar lambang Gerakan Pramuka




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramuka




Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih
Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih



Panduan SKU, Buku Boy MAn


  • Tahu cara menaikkan dan Menurunkan bendera 1/2 tiang


Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan
Cara  praktek Tiang Bendera

Buku
Panduan Lengkap Pramuka


  • Tahu waktu pengibaran dan penurun n bendera Merah Putih







  • Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih di kibarkan.




Buku Boy Man


  • Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas
Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan lagu daerah nusantara



Buku Panduan Pramuka dan Tuntas SKU


  • Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya




Buku Boy Man


  • Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera







  • Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara







  • Dapat menyebutkan dimana saja penggunaan lambang Indonesia
Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI






  • Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila







  • Tahu penempatan lambanglambang tersebut pada perisai Burung Garuda







  • Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia
Dapat menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar






  • Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu
Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri






  • Dapat menjelaskan fungsi menabung





  1. Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya sertamengaplikasikan iptek, danketerampilan kepramukaan  secara kreatif dan inovatif.
  1. Memahami pentingnya perkembangan iptek, danketrampilan kepramukaan


  • Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler
Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern






  • Dapat memilah golongan sampah basah dan kering
Dapat mengenal dan memilah sampah






  • Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga







  • Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk







  • Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk







  • Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air
Dapat menjelaskan teknik penjernihan air






  • Dapat menyebutkan minimal 5 Teknik Penyaringan air







  • Dapat membuat simpulsimpul
Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal
dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat






  • Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian







  • Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya







  • Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul







  • Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui







  • Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas
Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar

Cara praktek Kompas





  • Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas








  • Dapat menjelaskan alas an Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara







  • Dapat melakukan kegiatan menaksir tinggi pohon dan lebar sungai







  • Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas








  • Dapat menyebutkan macammacam sandi
Mengenal macam-macam sandi,
isyarat morse dan semaphore









  • Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse









  • Tahu ukuran bendera sempahore dan morse










  • Dapat menunjukkan sikap yang benar ketika mengirim dan menerima berita





  1. Mampu menjelaskan perbedaan antara per tumbuhan dan perkem bangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan.
  1. Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat,menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya serta mengetahui perubahan yang terjadi pada perkembangan fisik maupun psikisnya.
  • Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya
Selalu berpakaian rapi, memelihara dan kebersihan diri serta lingkungannya





  • Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya





  • Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri





  • Dapat melakukan gerakan aba-aba ditempat dengan baik dan benar:
  1. siap,
  2. istirahat ditempat,
  3. hadap kanan,
  4. hadap kiri,
  5. balik kanan,
  6. lencang
  7. depan,
  8. lencang kanan
Dapat baris-berbaris






  • Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, Dll







  • Dapat melakukan baris berbaris dengan membawa tongkat







  • Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga
Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah
satunya olahraga Renang







  • Dapat menyebutkan cabang olahraga modern










  • Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti:
  1. Bentuk
  2. badan
  3. Bentuk muka
  4. Ukuran tubuh
  5. Bentuk
  6. kaki
Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh






Sikap membuka diri
terhadap satu sama lain
merupakan sikap…
  1. Sikap eksklusif
  2. Sikap terbuka
  3. Sikap optimis ;
  4. Sikap inklusif







Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya
Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari
sedikitnya 30 menit




                                                                                                                                                                                                                              
Meranti,   05 Januari 2014
Megetahui ;
Kamabigus GUDEP 17.029/17.030
SDS 014 MERANTI,




SRI HARTATI, S.P
Pembina,





ZAINUDIN,S.Pd.SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar