PENGGALANG GUDEP 17.029 - 17.030 INDRAGIRI HILIR
SK/KD PRAMUKA PENGGALANG
GUDEP INDRAGIRI HILIR 17.029 – 17.030
SDS 014 MERANTI
GUDEP : 17.029-17.030
Pangkalan : SDS 014 MERANTI
Tingkat : Penggalang ( Ramu/Rakit/Terap )
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1 |
Taat beribadah sesuai agama dan kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa ada-nya diskriminasi. |
Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan |
2 |
Dapat mengelola emosi dan perasaannyauntuk kestabilan dirinya |
Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi. |
3 |
Dapat mengelola emosi |
Mengenal dan menerima emosi |
4 |
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya. |
Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab. |
5 |
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplikasikan
iptek, dan keterampilan kepramukaan secara kreatif dan inovatif. |
Memahami pentingnya perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan |
6 |
Mampu menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan. |
Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan
pribadi dan lingkungannya serta mengetahui perubahan yang terjadi pada
perkembangan fisikmaupun psikisnya |
Meranti, Januari 2014
Mengetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI SRI HARTATI,S.P |
Pembina ZAINUDIN,S.Pd.SD |
KURIKULUM PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014/SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL
GUDEP : 17.029-17.030 Pangkalan : SDS 014 MERANTI
Tingkat / Kelas : Penggalang Terap / VII
No. |
Materi Kegiatan |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
1 |
Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya. |
Taat beribadah sesuai agama dan Kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi. |
Meningkatkan keimanannya dan berperan aktif dalam kegiatan keagamaannya serta menerima adanya perbedaan keyakinan. |
2 |
Dapat melaksanakan dan memimpin diskusi regu |
Dapat mengelola emosi dan Perasaannya untuk kestabilan dirinya |
dapat mengendalikan emosi dan menghargai perasaaan orang lain |
3 |
Dapat menyebutkan ciri-ciri mengendalikan Emosi diri |
Dapat mengelola emosi |
Mengenal dan menerima emosi |
4 |
Melakukan kegiatan penghijauan dilingkungannya atau didaerah lainnya serta telah menanam dan merawat tanaman penghijauan |
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkungannya. |
Melaksanakan normanorma dan nilai-nilai, yang berada dimasyarakat lingkungannya. |
5 |
Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi |
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplika sikan iptek, dan keterampilan kepramuka an secara kreatif dan inovatif. |
Dapat menjelaskan perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan, serta memanfaatkannya. |
6 |
memelihara kesehatan dan kebersihan diri dilingkungannya |
Melakukan kegiatan memelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh
(fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara
teratur dengan baik. |
Melakukan kegiatanmemelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis),menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur dengan baik. |
Meranti, Januari 2014
Mengetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI RI HARTATI,S.P |
Pembina ZAINUDIN,S.Pd.SD |
SILABUS PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014 /SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL
Unit Satuan : SDS 014 MERANTI
Gudep No. : 17.029 – 17.030
Tingkat/Kelas : Pengggalang Ramu / V
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Standar |
Kegiatan Belajar (KBM) |
Standar Penilaian |
Alokasi Waktu |
Alat/bahan & sumber belajar |
|
|
|
Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah |
|
Penilaian Proses dan Hasil |
35 Menit |
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
Penilian Proses dan hasil |
35 Menit |
Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari hari besar agaman |
|
|
35 Menit |
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya. |
|
|
35 Menit |
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat darigolongan agamanya masing-2 |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy Man |
|
|
|
|
|
Penilaian Praktek dan Hasil |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat menjelaskan tentang Emosi |
|
Penilaian Proses dan Hasil |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, |
|
|
|
|
|
Penilaian Proses dan Hasil |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan |
Bertanya Jawab dan Merangkum
|
Penilaian Proses dan hasil |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, |
|
|
|
Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak. |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat menyebutkan tanda- tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya. |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Proses |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
Penilian Proses |
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurangkurangnya 8 kali latihan berturut turut |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Tahu tentang : a. Salam Pramuka b. Motto c. arti Lambang Gerakan Pramuka. |
|
|
|
Panduan Penyelesaian SKU dan Boy Men |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih |
|
|
|
Panduan SKU, Buku Boy MAn |
|
|
|
|
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan
|
Cara praktek Tiang Bendera |
|
Buku Panduan Lengkap Pramuka |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Boy Man |
|
|
|
Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional
dan lagu daerah nusantara |
|
|
|
Buku Panduan Pramuka dan Tuntas SKU |
|
|
|
|
|
|
|
Buku Boy Man |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar |
|
|
|
|
|
|
|
Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern |
|
|
|
|
|
|
|
Dapat mengenal dan memilah sampah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menjelaskan teknik penjernihan air |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar |
|
Cara praktek Kompas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Selalu berpakaian rapi, memelihara dan kebersihan diri serta lingkungannya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
Dapat baris-berbaris |
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh |
|
|
|
|
|
|
Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap…
|
|
|
|
|
|
|
|
Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya |
Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit |
|
|
|
|
Meranti, 05 Januari 2014
Megetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI, SRI HARTATI, S.P |
Pembina, ZAINUDIN,S.Pd.SD |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar