PENGGALANG GUDEP 17.029 - 17.030 INDRAGIRI HILIR
SK/KD PRAMUKA PENGGALANG
GUDEP INDRAGIRI HILIR 17.029 – 17.030
SDS 014 MERANTI
GUDEP : 17.029-17.030
Pangkalan : SDS 014 MERANTI
Tingkat : Penggalang ( Ramu/Rakit/Terap )
| 
 
No. 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
| 
1 | 
Taat beribadah sesuai agama dan kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa ada-nya diskriminasi. | 
Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan | 
| 
2 | 
Dapat mengelola emosi dan perasaannyauntuk kestabilan dirinya | 
Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi. | 
| 
3 | 
 Dapat mengelola emosi  | 
 Mengenal dan menerima emosi  | 
| 
4 | 
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya. | 
Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab. | 
| 
5 | 
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplikasikan 
iptek, dan keterampilan kepramukaan secara kreatif dan inovatif. | 
Memahami pentingnya perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan | 
| 
6 | 
Mampu menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan. | 
Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan 
pribadi dan lingkungannya serta mengetahui perubahan yang terjadi pada 
perkembangan fisikmaupun psikisnya | 
Meranti,            Januari 2014 
| 
                Mengetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI SRI HARTATI,S.P  | 
 Pembina ZAINUDIN,S.Pd.SD  | 
KURIKULUM PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014/SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL
GUDEP                                : 17.029-17.030 Pangkalan : SDS 014 MERANTI
Tingkat / Kelas : Penggalang Terap / VII
| 
 No.  | 
Materi Kegiatan | 
Standar Kompetensi | 
Kompetensi Dasar | 
| 
1 | 
Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya. | 
Taat beribadah sesuai agama dan Kepercayaannya dan mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi. | 
Meningkatkan keimanannya dan berperan aktif dalam kegiatan keagamaannya serta menerima adanya perbedaan keyakinan.  | 
| 
2 | 
Dapat melaksanakan dan memimpin diskusi regu | 
Dapat mengelola emosi dan Perasaannya untuk kestabilan dirinya  | 
dapat mengendalikan emosi dan menghargai perasaaan orang lain | 
| 
3 | 
Dapat menyebutkan ciri-ciri mengendalikan Emosi diri  | 
Dapat mengelola emosi | 
Mengenal dan menerima emosi | 
| 
4 | 
Melakukan kegiatan penghijauan dilingkungannya atau didaerah lainnya serta telah menanam dan merawat tanaman penghijauan | 
Mampu menerimadan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkungannya. | 
Melaksanakan normanorma dan nilai-nilai, yang berada dimasyarakat lingkungannya. | 
| 
5 | 
Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi | 
Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplika sikan iptek, dan keterampilan kepramuka an secara kreatif dan inovatif.  | 
Dapat menjelaskan perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan, serta memanfaatkannya. | 
| 
6 | 
memelihara kesehatan dan kebersihan diri dilingkungannya | 
Melakukan kegiatan memelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh 
(fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara 
teratur dengan baik. | 
Melakukan kegiatanmemelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis),menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur dengan baik.  | 
Meranti,            Januari 2014 
| 
                Mengetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI RI HARTATI,S.P  | 
 Pembina ZAINUDIN,S.Pd.SD  | 
SILABUS PRAMUKA PENGGALANG
SDS 014 /SMP MERANTI TELUK BELENGKONG - INHIL 
Unit Satuan : SDS 014 MERANTI
Gudep No. : 17.029 – 17.030
Tingkat/Kelas : Pengggalang Ramu / V
| 
Standar Kompetensi | 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Materi Standar | 
Kegiatan Belajar (KBM) | 
Standar Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Alat/bahan & sumber belajar | 
  | 
  | 
  | 
Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah | 
 | 
Penilaian Proses dan Hasil | 
35 Menit | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
Penilian Proses dan hasil | 
35 Menit | 
Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari  hari besar agaman | 
 | 
 | 
35 Menit | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya.  | 
 | 
 | 
35 Menit | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat darigolongan agamanya masing-2 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy Man | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
Penilaian Praktek dan Hasil | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
  | 
  | 
  | 
Dapat menjelaskan tentang Emosi | 
 | 
Penilaian Proses dan Hasil | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU,  | 
| 
 | 
  | 
  | 
 | 
 | 
Penilaian Proses dan Hasil | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
  | 
  | 
  | 
Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan | 
 
Bertanya Jawab dan Merangkum 
 | 
Penilaian Proses dan hasil | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak. | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menyebutkan tanda- tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya. | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
Penilaian Proses | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
Penilian Proses | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurangkurangnya 8 kali latihan berturut turut | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Tahu tentang : a. Salam Pramuka b. Motto c. arti Lambang Gerakan Pramuka.  | 
 | 
 | 
 | 
Panduan Penyelesaian SKU dan Boy Men | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih | 
 | 
 | 
 | 
Panduan SKU, Buku Boy MAn | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan 
 | 
Cara  praktek Tiang Bendera | 
 | 
Buku Panduan Lengkap Pramuka  | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Buku Boy Man | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya 
dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional 
dan lagu daerah nusantara | 
 | 
 | 
 | 
Buku Panduan Pramuka dan Tuntas SKU | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Buku Boy Man | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
  | 
  | 
  | 
Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat mengenal dan memilah sampah | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan teknik penjernihan air | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar | 
 | 
Cara praktek Kompas | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
  | 
  | 
  | 
Selalu berpakaian rapi, memelihara dan kebersihan diri serta lingkungannya | 
 | 
 | 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
||
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
||
 
  | 
Dapat baris-berbaris | 
 | 
 | 
 | 
 | 
||
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
 
  | 
Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap… 
  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 
 | 
 | 
Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya | 
Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit  | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Meranti,   05 Januari 2014
| 
Megetahui ; Kamabigus GUDEP 17.029/17.030 SDS 014 MERANTI, SRI HARTATI, S.P  | 
Pembina, ZAINUDIN,S.Pd.SD  | 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar