contoh
 
 
 
 
SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN
PENGGALANG
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          :
PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 4 S.D. 6
SEMESTER                          :
1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        :
2 JAM (70 MENIT)
CATATAN                            : BELAJAR TEORI DAN
PRAKTEK PRAMUKA PENGGALANG LEBIH DIUTAMAKAN
| 
   
MINGGU 
 | 
  
   
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
POKOK-POKOK
  PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
 
| 
   | 
  
   
APRIL 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Kompas 
 | 
  
   
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang
  dituju. 
 | 
  
   
Cara praktek Kompas 
 | 
  
   
Mampu membaca medan dan mengukur arah yang akan
  dituju secara beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Peta-Pita 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dalam membaca medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Peta-Pita 
 | 
  
   
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam
  secarik kertas menjadi sebuah peta. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
MEI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Kesenian 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tubuh. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Kesenian 
 | 
  
   
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JUNI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
PBB 
 | 
  
   
Melatih fisik dan mental. 
 | 
  
   
Cara praktek PBB 
 | 
  
   
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan
  hierarkhi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Tiang Bendera 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas. 
 | 
  
   
Cara 
  praktek Tiang Bendera 
 | 
  
   
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Semaphore 
 | 
  
   
Melatih daya tangkap mata dan ingatan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Semapore 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan
  cepat. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JULI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
AGUSTUS 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
SEPTEMBER 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Tiang Bendera 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas. 
 | 
  
   
Cara 
  praktek Tiang Bendera 
 | 
  
   
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
OKTOBER 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Semaphore 
 | 
  
   
Melatih daya tangkap mata dan ingatan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Semapore 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan
  cepat. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Pengetahuan Pramuka + Umum 
 | 
  
   
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu
  pengetahuan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari PP+PU 
 | 
  
   
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
  masing-masing. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
NOV 2010 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
KIM 
 | 
  
   
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan
  rasa. 
 | 
  
   
Cara mengingat KIM 
 | 
  
   
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda
  yang baru dikenal.  
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Sandi-Sandi 
 | 
  
   
Melatih daya ingat dan memecahkan berita
  rahasia. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Sandi 
 | 
  
   
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara
  sendiri dan beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Kompas 
 | 
  
   
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang
  dituju. 
 | 
  
   
Cara praktek Kompas 
 | 
  
   
Mampu membaca medan dan mengukur arah yang akan
  dituju secara beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
DESEMBER 2010 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Peta-Pita 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dalam membaca medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Peta-Pita 
 | 
  
   
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam
  secarik kertas menjadi sebuah peta. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Kesenian 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tubuh. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Kesenian 
 | 
  
   
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JANUARI 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
PBB 
 | 
  
   
Melatih fisik dan mental. 
 | 
  
   
Cara praktek PBB 
 | 
  
   
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan
  hierarkhi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
FEBRUARI 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Tiang Bendera 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas. 
 | 
  
   
Cara 
  praktek Tiang Bendera 
 | 
  
   
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Semaphore 
 | 
  
   
Melatih daya tangkap mata dan ingatan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Semapore 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan
  cepat. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
MARET 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Pengetahuan Pramuka + Umum 
 | 
  
   
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu
  pengetahuan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari PP+PU 
 | 
  
   
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
  masing-masing. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
KIM 
 | 
  
   
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan
  rasa. 
 | 
  
   
Cara mengingat KIM 
 | 
  
   
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda
  yang baru dikenal.  
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Sandi-Sandi 
 | 
  
   
Melatih daya ingat dan memecahkan berita
  rahasia. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Sandi 
 | 
  
   
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara
  sendiri dan beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN
PENGGALANG
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          :
PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 4 S.D. 6
SEMESTER                          :
1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        :
2 JAM (70 MENIT)
  MATA PELAJARAN | 
  
   
APRL 
2011 
 | 
  
   
MEI 
2011 
 | 
  
   
JUNI 
2011 
 | 
  
   
J U L I 
2011 
 | 
  
   
AGUST 
2011 
 | 
  
   
SEPT 
2011 
 | 
  
   
OKTOB 
2011 
 | 
  
   
NOPEM 
2011 
 | 
  
   
DESEM 
2011 
 | 
  
   
JAN 
2012 
 | 
  
   
FEBRU 
2012 
 | 
  
   
MARET 
2012 
 | 
 
| 
   | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
 
| 
   
1.    Hasta Karya 
 | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2.    Peng. Pramuka  
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
 
| 
   
3.    Semaphore 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
 
| 
   
4.    Sandi-Sandi 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
 
| 
   
5.    Morshe 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   
L 
 | 
  
   
L 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6.    Panorama 
 | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   
I 
 | 
  
   
I 
 | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
 
| 
   
7.    P 3 K 
 | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   
U 
 | 
  
   
U 
 | 
  
   
X2 
 | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
 
| 
   
8.    Kompas 
 | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
R 
 | 
  
   
R 
 | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
9.    Menaksir 
 | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
 
| 
   
10.  Peta Pita 
 | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
P 
 | 
  
   
P 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
11.  Tanda Jejak 
 | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
U 
 | 
  
   
U 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
12.  Kesenian 
 | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
A 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
13.  K I M 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
S 
 | 
  
   
S 
 | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
 
| 
   
14.  P B B 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
A 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
15.  TANDU-TALI
  TEMALI 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
16.  TIANG
  BENDERA 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
17. 
  PERSAMI/LIBURAN 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
KEMAH 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
 
| 
   
18.  Rafelling 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
 
| 
   
19.  Peserta Lomba 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX  
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   | 
 
| 
   
20.  Praktek Materi 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
XXXXX  
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   
XXXXX 
 | 
 
| 
   
21.  Penyelenggara Lomba 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
XXXXX 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
DISUSUN : KAK
SISWANTORO, S.Sos, MM.
SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN SIAGA
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          :
PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 1 S.D. 3
SEMESTER                          :
1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        :
2 JAM (70 MENIT)
CATATAN                            : BELAJAR DAN BERMAIN
DI PRAMUKA SIAGA LEBIH DIUTAMAKAN
| 
   
MINGGU 
 | 
  
   
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
POKOK-POKOK PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
 
| 
   | 
  
   
APRIL 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Pengetahuan Pramuka + Umum 
 | 
  
   
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu
  pengetahuan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari PP+PU 
 | 
  
   
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
  masing-masing. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Sandi-Sandi 
 | 
  
   
Melatih daya ingat dan memecahkan berita
  rahasia. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Sandi 
 | 
  
   
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara
  sendiri dan Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
MEI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JUNI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Kesenian 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tubuh. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Kesenian 
 | 
  
   
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
KIM 
 | 
  
   
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan
  rasa. 
 | 
  
   
Cara mengingat KIM 
 | 
  
   
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda
  yang baru dikenal.  
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
PBB 
 | 
  
   
Melatih fisik dan mental. 
 | 
  
   
Cara praktek PBB 
 | 
  
   
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan
  hierarkhi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JULI 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   
LIBUR KELAS 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Pengetahuan Pramuka + Umum 
 | 
  
   
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu
  pengetahuan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari PP+PU 
 | 
  
   
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
  masing-masing. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Sandi-Sandi 
 | 
  
   
Melatih daya ingat dan memecahkan berita
  rahasia. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Sandi 
 | 
  
   
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara
  sendiri dan Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
AGUSTUS 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
SEPTEMBER 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   
LIBUR 
 | 
  
   | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
OKTOBER 2011 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
NOV 2010 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Kesenian 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tubuh. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Kesenian 
 | 
  
   
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri
  atau Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
KIM 
 | 
  
   
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan
  rasa. 
 | 
  
   
Cara mengingat KIM 
 | 
  
   
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda
  yang baru dikenal.  
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
PBB 
 | 
  
   
Melatih fisik dan mental. 
 | 
  
   
Cara praktek PBB 
 | 
  
   
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan
  hierarkhi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
DESEMBER 2010 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Hasta Karya 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya
  cipta. 
 | 
  
   
Cara praktek Hasta Karya 
 | 
  
   
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri
  atau Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Pengetahuan Pramuka + Umum 
 | 
  
   
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu
  pengetahuan. 
 | 
  
   
Cara mempelajari PP+PU 
 | 
  
   
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
  masing-masing. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Sandi-Sandi 
 | 
  
   
Melatih daya ingat dan memecahkan berita
  rahasia. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Sandi 
 | 
  
   
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara
  sendiri dan Barung. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
V 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JANUARI 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   
TAHUN BARU 
 | 
  
   | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
Menaksir 
 | 
  
   
Melatih insting pengukuran. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Menaksir 
 | 
  
   
Mampu membaca dan mengukur ketinggian
  medan/situasi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
FEBRUARI 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Tanda Jejak 
 | 
  
   
Melatih ketelitian dan membuat gambar
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara praktek Tanda Jejak 
 | 
  
   
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan
  sehingga mudah dikenali. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Kesenian 
 | 
  
   
Melatih ketrampilan tubuh. 
 | 
  
   
Cara mempelajari Kesenian 
 | 
  
   
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri
  atau beregu. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
KIM 
 | 
  
   
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan
  rasa. 
 | 
  
   
Cara mengingat KIM 
 | 
  
   
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda
  yang baru dikenal.  
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
PBB 
 | 
  
   
Melatih fisik dan mental. 
 | 
  
   
Cara praktek PBB 
 | 
  
   
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan
  hierarkhi. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   | 
  
   
MARET 2012 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
Morshe (Pluit + Sinar) 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pendengaran. 
 | 
  
   
Cara mengirim Morse 
 | 
  
   
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri
  atau kelompok. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
II 
 | 
  
   
Panorama 
 | 
  
   
Melatih penglihatan dan pengukuran
  medan/situasi. 
 | 
  
   
Cara mengetahui Panorama 
 | 
  
   
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan
  dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
III 
 | 
  
   
Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. 
 | 
  
   
Cara praktek Tandu-Tali Temali 
 | 
  
   
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
| 
   
IV 
 | 
  
   
P 3 K 
 | 
  
   
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan
  diberikan kepada rekan yang luka ringan. 
 | 
  
   
Cara praktek P3K 
 | 
  
   
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang
  mendapat musibah. 
 | 
  
   
70 MENIT 
 | 
 
SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN SIAGA
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          :
PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 1 S.D. 3
SEMESTER                          :
1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        :
2 JAM (70 MENIT)
  MATA PELAJARAN | 
  
   
APRL 
2011 
 | 
  
   
MEI 
2011 
 | 
  
   
JUNI 
2011 
 | 
  
   
J U L I 
2011 
 | 
  
   
AGUST 
2011 
 | 
  
   
SEPT 
2011 
 | 
  
   
OKTOB 
2011 
 | 
  
   
NOPEM 
2011 
 | 
  
   
DESEM 
2011 
 | 
  
   
JAN 
2012 
 | 
  
   
FEBRU 
2012 
 | 
  
   
MARET 
2012 
 | 
 
| 
   | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
  
   
1 2 3 4 5 
 | 
 
| 
   
1.    Hasta Karya 
 | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2.    Peng. Pramuka  
 | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
 
| 
   
4.    Sandi-Sandi 
 | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   
PUASA 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
 
| 
   
5.    Morshe 
 | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   
L 
 | 
  
   
L 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
 
| 
   
6.    Panorama 
 | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   
I 
 | 
  
   
I 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
 
| 
   
7.    Tali Temali 
 | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X5 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
 
| 
   
8.    P 3 K 
 | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
U 
 | 
  
   
U 
 | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
 
| 
   
10.  Menaksir 
 | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
12.  Tanda Jejak 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
U 
 | 
  
   
U 
 | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
13.  Kesenian 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
A 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
14.  K I M 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   
S 
 | 
  
   
S 
 | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
  
   
X4 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
15.  P B B 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X3 
 | 
  
   | 
  
   
A 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   | 
  
   
X2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X1 
 | 
  
   | 
 
DISUSUN : KAK
SISWANTORO, S.Sos, MM.
CATATAN : BELAJAR DAN
BERMAIN DI PRAMUKA SIAGA LEBIH DIUTAMAKAN
seperti nya silabus ini buatan sy (Kak Siswantoro, S.Sos, M.M.)
BalasHapusHee yah kak mf yah di kopas dan disertakan nama pembuat juga kak hee
BalasHapusHee yah kak mf yah di kopas dan disertakan nama pembuat juga kak hee
BalasHapus